Loading...
Judul : RPP Bahasa Indonesia SD Kelas 5 Semester 2 Materi Mengomentari Persoalan Faktual
link : RPP Bahasa Indonesia SD Kelas 5 Semester 2 Materi Mengomentari Persoalan Faktual
RPP Bahasa Indonesia SD Kelas 5 Semester 2 Materi Mengomentari Persoalan Faktual
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN 2 Sindangpalay
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2(dua)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Hari/Tanggal : Senin, 6 Februari 2017
A. STANDAR KOMPETENSI
6. Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama.
B. KOMPETENSI DASAR
6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
C. INDIKATOR
1. Siswa dapat mencermati persoalan faktual yang diajukan.
2. Siswa dapat menanggapi masalah yang diajukan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui pengamatan, siswa dapat mencermati persoalan faktual yang diajukan dengan tepat.
2. Melalui diskusi, siswa dapat menanggapi masalah yang diajukan dengan bahasa yang santun.
Karakter siswa yang diharapkan:
1. Teliti
2. Bertanggung jawab
3. Komunikatif
E. MATERI PEMBELAJARAN
Mengomentari persoalan faktual dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Baca teks berikut ini !
Sekarang ini kita perlu hemat. Hemat apa saja, yaitu hemat menggunakan uang jajan, hemat menggunakan air, hemat menggunakan listrik, dan lain-lain. Kasihan orang tua kita, Ayah dan Ibu menyekolahkan kita. Biaya sekolah itu tidak murah, kita perlu buku dan alat-alat sekolah yang lain. Semuanya tentu harus dibeli dengan uang.
Sayangnya hidup hemat itu tidak mudah. Coba kita lihat teman-teman dan tetangga kita, banyak yang hidupnya boros. Ada yang sering lupa mematikan kran air, ada yang mandinya terlalu lama, ada yang menyalakan lampu pagi hari, ada yang menghidupkan televise lalu ditinggal tidur, dan lain-lain. Kalau selamanya dihitung dengan uang tentu sudah banyak jumlahnya, belum lagi kalau jajan. Sudah berapa banyak yang kita gunakan untuk jajan?, memang hidup hemat itu susah teman-teman, tetapi kapan lagi kita mau memuai hidup hemat kalau tidak sekarang?
Menyampaikan pendapat, saran dan alasan terhadap persoalan
Persoalan : Kita harus menghemat uang jajan.
Pendapat : Benar, saya setuju. Kita tidak boleh menghabiskan uang
jajan kita.
Alasan : Dengan menghemat uang jajan, sisanya bisa kita tabung.
Kita dapat meringankan beban orang tua.
F. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Kontekstual
2. Model : Kooperatif tipe Student Team Achievment Division
(STAD)
3. Metode : Diskusi, tanya jawab, ceramah
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
-Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa.
-Siswa dengan bimbingan guru mengondisikan diri untuk siap mengikuti pembelajaran.
-Siswa berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas.
-Guru mengecek kehadiran siswa.
-Guru memberikan motivasi agar siswa semangat belajar.
-Guru melakukan apersepsi dengan menunjukkan gambar mengenai persoalan faktual yang sedang terjadi dan tanya jawab, misalnya:
“perhatikan gambar ini, gambar ini menggambarkan persoalan tentang apa?”
“persoalan apa yang sedang ramai diberitakan di televisi?”
-Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
|
7 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
-Siswa dibagi ke dalam 5 kelompok yang masing-masing kelompoknya beranggotakan 6-7 orang.
-Masing-masing kelompok siswa mengambil nomor undian.
-Masing-masing kelompok siswa mendapatkan teks mengenai persoalan faktual yang sedang terjadi sesuai dengan nomor undian yang didapat.
-Siswa mengamati teks yang telah dibagikan dan berdiskusi mengenai persoalan faktual yang terdapat pada teks.
Elaborasi
-Masing-masing kelompok siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks pada kolom yang telah disediakan.
-Setiap perwakilan kelompok siswa dengan bimbingan guru secara bergantian ke depan kelas menyampaikan isian yang telah ia tulis, sedangkan kelompok yang belum/telah maju menanggapi atau melakukan tanya jawab.
Konfirmasi
-Siswa bersama guru bertanya jawab tentang hal-hal yang diketahui siswa.
-Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman dan memberikan penguatan
|
40 menit
|
Kegiatan Penutup
|
-Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang mengomentari persoalan faktual yang sedang terjadi.
-Guru melakukan evaluasi secara individu dengan memberikan soal tes tulis.
-Siswa dipimpin oleh ketua kelas berdoa sebelum mengakhiri pembelajaran.
-Guru mengucapkan salam.
|
23 menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber belajar
a. Teks mengenai persoalan faktual yang sedang terjadi.
2. Media Pembelajaran
a. Gambar tentang persoalan faktual yang sedang terjadi.
b. Kertas nomor undian.
c. Papan tulis
I. PENILAIAN
1. Prosedur penilaian
a. Penilaian proses
Melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dari awal sampai akhir pembelajaran.
b. Penilaian hasil belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis.
2. Instrumen penilaian
a. Penilaian proses
Daftar ceklis penilaian kinerja kelompok
No.
|
Nama Kelompok
|
Kriteria yang dinilai
|
|||||||||||||||
Ketelitian
|
Tanggung jawab
|
Kerapihan
|
Komunikatif
|
||||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 4 jika sangat baik
3 jika baik
2 jika cukup baik
1 jika kurang baik
b. Penilaian hasil belajar
Uraian bebas
Mengomentari Persoalan Faktual
Bacalah teks berikut ini !
Diberitakan bahwa pemerintah mewajibkan setiap rumah yang memiliki anak usia sekolah mematikan TV pada jam belajar (pukul 18.30-20.30). Tujuannya agar TV tidak menganggu anak yang belajar.
1. Film apa yang kamu sukai di televisi?
2. Film yang kamu sukai tayang pada jam berapa?
3. Adakah peraturan di rumahmu yang mengatur tentang menyalakan televisi? jelaskan !
4. Setujukah kamu dengan peraturan yang dibuat pemerintah? Berikan tanggapanmu !
Tasikmalaya, 6 Februari 2017
Guru Pamong Praktikan
.............................. Rizki Siddiq Nugraha
NIP NIM 1301541
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.............................
NIP
Loading...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN 2 Sindangpalay
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2(dua)
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Hari/Tanggal : Senin, 6 Februari 2017
A. STANDAR KOMPETENSI
6. Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama.
B. KOMPETENSI DASAR
6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
C. INDIKATOR
1. Siswa dapat mencermati persoalan faktual yang diajukan.
2. Siswa dapat menanggapi masalah yang diajukan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui pengamatan, siswa dapat mencermati persoalan faktual yang diajukan dengan tepat.
2. Melalui diskusi, siswa dapat menanggapi masalah yang diajukan dengan bahasa yang santun.
Karakter siswa yang diharapkan:
1. Teliti
2. Bertanggung jawab
3. Komunikatif
E. MATERI PEMBELAJARAN
Mengomentari persoalan faktual dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Baca teks berikut ini !
Sekarang ini kita perlu hemat. Hemat apa saja, yaitu hemat menggunakan uang jajan, hemat menggunakan air, hemat menggunakan listrik, dan lain-lain. Kasihan orang tua kita, Ayah dan Ibu menyekolahkan kita. Biaya sekolah itu tidak murah, kita perlu buku dan alat-alat sekolah yang lain. Semuanya tentu harus dibeli dengan uang.
Sayangnya hidup hemat itu tidak mudah. Coba kita lihat teman-teman dan tetangga kita, banyak yang hidupnya boros. Ada yang sering lupa mematikan kran air, ada yang mandinya terlalu lama, ada yang menyalakan lampu pagi hari, ada yang menghidupkan televise lalu ditinggal tidur, dan lain-lain. Kalau selamanya dihitung dengan uang tentu sudah banyak jumlahnya, belum lagi kalau jajan. Sudah berapa banyak yang kita gunakan untuk jajan?, memang hidup hemat itu susah teman-teman, tetapi kapan lagi kita mau memuai hidup hemat kalau tidak sekarang?
Menyampaikan pendapat, saran dan alasan terhadap persoalan
Persoalan : Kita harus menghemat uang jajan.
Pendapat : Benar, saya setuju. Kita tidak boleh menghabiskan uang
jajan kita.
Alasan : Dengan menghemat uang jajan, sisanya bisa kita tabung.
Kita dapat meringankan beban orang tua.
F. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Kontekstual
2. Model : Kooperatif tipe Student Team Achievment Division
(STAD)
3. Metode : Diskusi, tanya jawab, ceramah
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
-Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa.
-Siswa dengan bimbingan guru mengondisikan diri untuk siap mengikuti pembelajaran.
-Siswa berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas.
-Guru mengecek kehadiran siswa.
-Guru memberikan motivasi agar siswa semangat belajar.
-Guru melakukan apersepsi dengan menunjukkan gambar mengenai persoalan faktual yang sedang terjadi dan tanya jawab, misalnya:
“perhatikan gambar ini, gambar ini menggambarkan persoalan tentang apa?”
“persoalan apa yang sedang ramai diberitakan di televisi?”
-Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan menyampaikan tujuan pembelajaran mengenai mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
|
7 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
-Siswa dibagi ke dalam 5 kelompok yang masing-masing kelompoknya beranggotakan 6-7 orang.
-Masing-masing kelompok siswa mengambil nomor undian.
-Masing-masing kelompok siswa mendapatkan teks mengenai persoalan faktual yang sedang terjadi sesuai dengan nomor undian yang didapat.
-Siswa mengamati teks yang telah dibagikan dan berdiskusi mengenai persoalan faktual yang terdapat pada teks.
Elaborasi
-Masing-masing kelompok siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks pada kolom yang telah disediakan.
-Setiap perwakilan kelompok siswa dengan bimbingan guru secara bergantian ke depan kelas menyampaikan isian yang telah ia tulis, sedangkan kelompok yang belum/telah maju menanggapi atau melakukan tanya jawab.
Konfirmasi
-Siswa bersama guru bertanya jawab tentang hal-hal yang diketahui siswa.
-Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman dan memberikan penguatan
|
40 menit
|
Kegiatan Penutup
|
-Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang mengomentari persoalan faktual yang sedang terjadi.
-Guru melakukan evaluasi secara individu dengan memberikan soal tes tulis.
-Siswa dipimpin oleh ketua kelas berdoa sebelum mengakhiri pembelajaran.
-Guru mengucapkan salam.
|
23 menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber belajar
a. Teks mengenai persoalan faktual yang sedang terjadi.
2. Media Pembelajaran
a. Gambar tentang persoalan faktual yang sedang terjadi.
b. Kertas nomor undian.
c. Papan tulis
I. PENILAIAN
1. Prosedur penilaian
a. Penilaian proses
Melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dari awal sampai akhir pembelajaran.
b. Penilaian hasil belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis.
2. Instrumen penilaian
a. Penilaian proses
Daftar ceklis penilaian kinerja kelompok
No.
|
Nama Kelompok
|
Kriteria yang dinilai
|
|||||||||||||||
Ketelitian
|
Tanggung jawab
|
Kerapihan
|
Komunikatif
|
||||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 4 jika sangat baik
3 jika baik
2 jika cukup baik
1 jika kurang baik
b. Penilaian hasil belajar
Uraian bebas
Mengomentari Persoalan Faktual
Bacalah teks berikut ini !
Diberitakan bahwa pemerintah mewajibkan setiap rumah yang memiliki anak usia sekolah mematikan TV pada jam belajar (pukul 18.30-20.30). Tujuannya agar TV tidak menganggu anak yang belajar.
1. Film apa yang kamu sukai di televisi?
2. Film yang kamu sukai tayang pada jam berapa?
3. Adakah peraturan di rumahmu yang mengatur tentang menyalakan televisi? jelaskan !
4. Setujukah kamu dengan peraturan yang dibuat pemerintah? Berikan tanggapanmu !
Tasikmalaya, 6 Februari 2017
Guru Pamong Praktikan
.............................. Rizki Siddiq Nugraha
NIP NIM 1301541
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.............................
NIP
Demikianlah Artikel RPP Bahasa Indonesia SD Kelas 5 Semester 2 Materi Mengomentari Persoalan Faktual
Sekianlah artikel RPP Bahasa Indonesia SD Kelas 5 Semester 2 Materi Mengomentari Persoalan Faktual kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel RPP Bahasa Indonesia SD Kelas 5 Semester 2 Materi Mengomentari Persoalan Faktual dengan alamat link https://gurupintarmengajar.blogspot.com/2017/02/rpp-bahasa-indonesia-sd-kelas-5.html
0 Response to "RPP Bahasa Indonesia SD Kelas 5 Semester 2 Materi Mengomentari Persoalan Faktual"
Post a Comment