Loading...
Judul : RPP Tematik SD Kelas 4 Semester 2 Tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku Pembelajaran 1
link : RPP Tematik SD Kelas 4 Semester 2 Tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku Pembelajaran 1
RPP Tematik SD Kelas 4 Semester 2 Tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku Pembelajaran 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN 2 Sindangpalay
Tema/Subtema : Cita-citaku/Aku dan cita-citaku
Kelas/Semester : 4 (empat)/2(dua)
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Hari/Tanggal : Senin, 13 Februari 2017
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca)dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
1. Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
2. IPA
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.7 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
3. PPKn
3.1 Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
4. SBdP
3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan pengamatan.
4.1 Menggambar alam berdasarkan pengamatan keindahan alam.
C. INDIKATOR
1. Bahasa Indonesia
a. Membuat daftar pertanyaan sesuai dengan data yang diberikan.
b. Menceritakan hasil wawancara.
2. IPA
a. Menjelaskan berbagai jenis sumber daya alam yang digunakan dalam melakukan kerja/usaha.
b. Mengelompokkan sumber daya alam hayati dan nonhayati.
3. PPKn
a. Menjelaskan arti dan makna simbol-simbol sila dalam Pancasila.
b. Mengidentifikasi pengamalan salah satu sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4. SBdP
a. Menggambar sebuah pekerjaan sesuai dengan penjelasan yang ada.
b. Mendeskripsikan gambar yang dibuatnya.
D. TUJUAN
1. Setelah melakukan analisis, siswa mampu menggambarkan satu sosok pekerjaan yang sesuai dengan deskripsi data diri yang ada beserta lingkungan tempat kerja dengan penuh kreativitas.
2. Dengan menganalisis data yang diberikan, siswa mampu membuat daftar pertanyaan wawancara dengan tepat.
3. Setelah kegiatan membuat daftar pertanyaan, siswa mampu mengaplikasikan kegiatan mewawancarai sesuai topik yang diminta.
4. Siswa mengenal makna simbol pada setiap sila Pancasila dengan benar.
5. Setelah menganalisis gambar dan membaca studi kasus, siswa mampu menjelaskan tentang pengamatan salah satu sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
6. Dengan kegiatan menganalisis, siswa mampu menjelaskan berbagai jenis sumber daya alam yang digunakan dalam melakukan kerja/usaha dengan benar.
7. Setelah kegiatan menganalisis sumber daya alam yang ada, siswa mampu mengelompokkan sumber daya alam hayati dan nonhayati dengan benar.
E. MATERI
Pekerjaanku
Wartawan
Pekerjaanku membawa alat elektronik untuk merekam kejadian-kejadian yang ada di masyarakat sekitar. Pekerjaanku memerlukan sikap yang cekatan dan pantang menyerah.
Pilot
Pekerjaanku mengendalikan pesawat terbang. Pekerjaanku ini memerlukan seseorang kemampuan membaca letak koordinat tempat dengan tepat.
Dokter Hewan
Pekerjaanku merawat hewan yang sakit. Pekerjaanku memerlukan kemampuan untuk mengetahui anggota tubuh berbagai jenis hewan.
Penari
Pekerjaanku harus mempunyai kelenturan tubuh yang baik. Pekerjaan ini banyak menghibur orang lain dan harus terampil dalam mengikuti alunan musik.
Kegemaran dan pekerjaan
Kegemaran Siti
Siti senang berkebun di rumah. Selain itu, ia juga gemar membaca buku tentang hewan dan tumbuhan. Ia banyak mengetahui ciri-ciri khusus hewan dan tumbuhan.
Siti gemar mangamati tumbuhan dan hewan. Siti juga gemar berhitung. Namun, Siti kesulitan saat belajar bernyanyi.
Lambang dan makna sila Pancasila
Sila ke 1
Lambang:
Makna: Ketuhanan Yang Maha Esa.
Sila ke 2
Lambang:
Makna: Kemanusiaan yang adil dan beradab.
Sila ke 3
Lambang:
Makna: Persatuan Indonesia.
Sila ke 4
Lambang:
Makna: Kerakyatan yang dipimpin oleh khidmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
Sila ke 5
Lambang:
Makna: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Sumber daya alam hayati dan nonhayati
Sumber daya alam hayati adalah adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, misalnya tumbuhan dan hewan. Sumber daya alam hayati dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, misalnya: sayuran, buah-buahan, dan daging sebagai bahan pangan, kayu sebagai bahan bangunan, kapas sebagai bahan pakaian, dan sebagainya.
Sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup, misalnya matahari, air, udara, tanah, dan hasil tambang. Sumber daya alam nonhayati dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, misalnya: matahari sebagai pembangkit listrik, air sebagai bahan baku industri, tanah sebagai tempat hidup, dan sebagainya.
F. PENDEKATAN DAN METODE
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model pembelajaran : Inkuiri terbimbing
3. Metode : Diskusi, pemberian tugas, demonstrasi,
ceramah, dan tanya jawab.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa.
-Siswa dengan bimbingan guru mengondisikan diri untuk siap mengikuti pembelajaran.
-Siswa berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas.
-Guru mengecek kehadiran siswa.
-Guru memberikan motivasi agar siswa semangat belajar.
-Guru melakukan apersepsi dengan menunjukkan gambar berbagai pekerjaan dan tanya jawab, misalnya:
“Coba perhatikan gambar ini, ada pekerjaan apa saja di gambar tersebut?”
-Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
-Siswa mengamati berbagai pekerjaan yang ada di gambar dan mencoba mencocokkan dengan deskripsi yang ada (mengamati).
-Siswa mengomunikasikan hasil analisis gambar dan keterangan yang ada. Siswa diajak untuk memberikan alasan mengapa memilih jawaban itu (mengomunikasikan).
-Siswa mengisi data diri tentang kegiatan yang ia sukai, kegiatan yang mudah dikuasai, dan yang sulit dikuasai untuk lebih mengenal potensi diri.
-Siswa berimajinasi menggambarkan seorang pekerja yang cocok dengan gambaran dari data yang ada dan menambahkan sebuah lokasi yang cocok dari sosok pekerja yang ia gambarkan (menalar).
-Siswa memberikan penjelasan mengenai hasil gambar yang dihasilkan (menalar).
-Siswa mengomunikasikan hasil kreasinya di depan kelas (mengomunikasikan).
-Siswa dengan bimbingan guru membuat daftar pertanyaan tentang kemampuan diri teman kelasnya (menalar).
-Siswa melakukan wawancara dengan teman lain untuk mengetahui kemampuan diri orang lain/teman di kelas lain (menanya).
-Siswa membuat kesimpulan hasil wawancara (mengolah).
-Siswa mengomunikasikan hasil wawancara (mengomunikasikan).
-Siswa membaca cerita teks tentang cita-cita dan kegemaran (mengamati).
-Siswa menuliskan kembali isi teks dengan kalimat sendiri dan memberikan pendapatnya (mengomunikasikan).
-Siswa menulis simbol dan makna dari tiap sila Pancasila (mengomunikasikan).
-Siswa menghubungkan isi dari teks cerita dengan makna sila Pancasila (menalar).
-Siswa memberi contoh cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari (menalar).
-Siswa bertanya jawab tentang penggunaan sumber daya alam (menanya).
-Siswa mengelompokkan sumber daya alam hayati dan nonhayati (menalar).
|
175 menit
|
Penutup
|
-Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
-Guru melakukan evaluasi.
-Siswa dipimpin oleh ketua kelas berdoa sebelum mengakhiri pembelajaran.
-Guru mengucapkan salam.
|
20 Menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
1. Media
Gambar berbagai jenis pekerjaan, Gambar lambang negara.
2. Sumber belajar
Buku tematik tema 7 cita-citaku subtema 1 aku dan cita-citaku pembelajaran 1.
I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian proses
Melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dari awal sampai akhir pembelajaran.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian proses
Daftar cek
No.
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu menuliskan simbol dan makna dari tiap sila Pancasila.
|
|
|
2.
|
Siswa mampu menghubungkan isi teks dari teks cerita dengan makna sila Pancasila.
|
|
|
3.
|
Siswa mampu memberikan contoh bagaimana cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
4.
|
Siswa mampu menuliskan pemanfaatan sumber daya alam hayati dengan tepat.
|
|
|
5.
|
Siswa mampu menuliskan pemanfaatan sumber daya alam nonhayati dengan tepat.
|
|
|
6.
|
Siswa mampu menuliskan 5 contoh jenis pekerjaan yang berhubungan dengan lingkungan.
|
|
|
7.
|
Siswa mampu menyebutkan 5 tempat dari jenis pekerjaan yang berhubungan dengan lingkungan.
|
|
|
Tasikmalaya, 13 Februari 2017
Guru Pamong Praktikan
.............................. Rizki Siddiq Nugraha
NIP NIM 1301541
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.............................
NIP
Loading...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN 2 Sindangpalay
Tema/Subtema : Cita-citaku/Aku dan cita-citaku
Kelas/Semester : 4 (empat)/2(dua)
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Hari/Tanggal : Senin, 13 Februari 2017
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca)dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
1. Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
2. IPA
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.7 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
3. PPKn
3.1 Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
4. SBdP
3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan pengamatan.
4.1 Menggambar alam berdasarkan pengamatan keindahan alam.
C. INDIKATOR
1. Bahasa Indonesia
a. Membuat daftar pertanyaan sesuai dengan data yang diberikan.
b. Menceritakan hasil wawancara.
2. IPA
a. Menjelaskan berbagai jenis sumber daya alam yang digunakan dalam melakukan kerja/usaha.
b. Mengelompokkan sumber daya alam hayati dan nonhayati.
3. PPKn
a. Menjelaskan arti dan makna simbol-simbol sila dalam Pancasila.
b. Mengidentifikasi pengamalan salah satu sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4. SBdP
a. Menggambar sebuah pekerjaan sesuai dengan penjelasan yang ada.
b. Mendeskripsikan gambar yang dibuatnya.
D. TUJUAN
1. Setelah melakukan analisis, siswa mampu menggambarkan satu sosok pekerjaan yang sesuai dengan deskripsi data diri yang ada beserta lingkungan tempat kerja dengan penuh kreativitas.
2. Dengan menganalisis data yang diberikan, siswa mampu membuat daftar pertanyaan wawancara dengan tepat.
3. Setelah kegiatan membuat daftar pertanyaan, siswa mampu mengaplikasikan kegiatan mewawancarai sesuai topik yang diminta.
4. Siswa mengenal makna simbol pada setiap sila Pancasila dengan benar.
5. Setelah menganalisis gambar dan membaca studi kasus, siswa mampu menjelaskan tentang pengamatan salah satu sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
6. Dengan kegiatan menganalisis, siswa mampu menjelaskan berbagai jenis sumber daya alam yang digunakan dalam melakukan kerja/usaha dengan benar.
7. Setelah kegiatan menganalisis sumber daya alam yang ada, siswa mampu mengelompokkan sumber daya alam hayati dan nonhayati dengan benar.
E. MATERI
Pekerjaanku
Wartawan
Pekerjaanku membawa alat elektronik untuk merekam kejadian-kejadian yang ada di masyarakat sekitar. Pekerjaanku memerlukan sikap yang cekatan dan pantang menyerah.
Pilot
Pekerjaanku mengendalikan pesawat terbang. Pekerjaanku ini memerlukan seseorang kemampuan membaca letak koordinat tempat dengan tepat.
Dokter Hewan
Pekerjaanku merawat hewan yang sakit. Pekerjaanku memerlukan kemampuan untuk mengetahui anggota tubuh berbagai jenis hewan.
Penari
Pekerjaanku harus mempunyai kelenturan tubuh yang baik. Pekerjaan ini banyak menghibur orang lain dan harus terampil dalam mengikuti alunan musik.
Kegemaran dan pekerjaan
Kegemaran Siti
Siti senang berkebun di rumah. Selain itu, ia juga gemar membaca buku tentang hewan dan tumbuhan. Ia banyak mengetahui ciri-ciri khusus hewan dan tumbuhan.
Siti gemar mangamati tumbuhan dan hewan. Siti juga gemar berhitung. Namun, Siti kesulitan saat belajar bernyanyi.
Lambang dan makna sila Pancasila
Sila ke 1
Lambang:
Makna: Ketuhanan Yang Maha Esa.
Sila ke 2
Lambang:
Makna: Kemanusiaan yang adil dan beradab.
Sila ke 3
Lambang:
Makna: Persatuan Indonesia.
Sila ke 4
Lambang:
Makna: Kerakyatan yang dipimpin oleh khidmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
Sila ke 5
Lambang:
Makna: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Sumber daya alam hayati dan nonhayati
Sumber daya alam hayati adalah adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, misalnya tumbuhan dan hewan. Sumber daya alam hayati dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, misalnya: sayuran, buah-buahan, dan daging sebagai bahan pangan, kayu sebagai bahan bangunan, kapas sebagai bahan pakaian, dan sebagainya.
Sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup, misalnya matahari, air, udara, tanah, dan hasil tambang. Sumber daya alam nonhayati dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, misalnya: matahari sebagai pembangkit listrik, air sebagai bahan baku industri, tanah sebagai tempat hidup, dan sebagainya.
F. PENDEKATAN DAN METODE
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model pembelajaran : Inkuiri terbimbing
3. Metode : Diskusi, pemberian tugas, demonstrasi,
ceramah, dan tanya jawab.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa.
-Siswa dengan bimbingan guru mengondisikan diri untuk siap mengikuti pembelajaran.
-Siswa berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas.
-Guru mengecek kehadiran siswa.
-Guru memberikan motivasi agar siswa semangat belajar.
-Guru melakukan apersepsi dengan menunjukkan gambar berbagai pekerjaan dan tanya jawab, misalnya:
“Coba perhatikan gambar ini, ada pekerjaan apa saja di gambar tersebut?”
-Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
-Siswa mengamati berbagai pekerjaan yang ada di gambar dan mencoba mencocokkan dengan deskripsi yang ada (mengamati).
-Siswa mengomunikasikan hasil analisis gambar dan keterangan yang ada. Siswa diajak untuk memberikan alasan mengapa memilih jawaban itu (mengomunikasikan).
-Siswa mengisi data diri tentang kegiatan yang ia sukai, kegiatan yang mudah dikuasai, dan yang sulit dikuasai untuk lebih mengenal potensi diri.
-Siswa berimajinasi menggambarkan seorang pekerja yang cocok dengan gambaran dari data yang ada dan menambahkan sebuah lokasi yang cocok dari sosok pekerja yang ia gambarkan (menalar).
-Siswa memberikan penjelasan mengenai hasil gambar yang dihasilkan (menalar).
-Siswa mengomunikasikan hasil kreasinya di depan kelas (mengomunikasikan).
-Siswa dengan bimbingan guru membuat daftar pertanyaan tentang kemampuan diri teman kelasnya (menalar).
-Siswa melakukan wawancara dengan teman lain untuk mengetahui kemampuan diri orang lain/teman di kelas lain (menanya).
-Siswa membuat kesimpulan hasil wawancara (mengolah).
-Siswa mengomunikasikan hasil wawancara (mengomunikasikan).
-Siswa membaca cerita teks tentang cita-cita dan kegemaran (mengamati).
-Siswa menuliskan kembali isi teks dengan kalimat sendiri dan memberikan pendapatnya (mengomunikasikan).
-Siswa menulis simbol dan makna dari tiap sila Pancasila (mengomunikasikan).
-Siswa menghubungkan isi dari teks cerita dengan makna sila Pancasila (menalar).
-Siswa memberi contoh cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari (menalar).
-Siswa bertanya jawab tentang penggunaan sumber daya alam (menanya).
-Siswa mengelompokkan sumber daya alam hayati dan nonhayati (menalar).
|
175 menit
|
Penutup
|
-Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
-Guru melakukan evaluasi.
-Siswa dipimpin oleh ketua kelas berdoa sebelum mengakhiri pembelajaran.
-Guru mengucapkan salam.
|
20 Menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
1. Media
Gambar berbagai jenis pekerjaan, Gambar lambang negara.
2. Sumber belajar
Buku tematik tema 7 cita-citaku subtema 1 aku dan cita-citaku pembelajaran 1.
I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian proses
Melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dari awal sampai akhir pembelajaran.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian proses
Daftar cek
No.
|
Kriteria
|
Ketercapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Siswa mampu menuliskan simbol dan makna dari tiap sila Pancasila.
|
|
|
2.
|
Siswa mampu menghubungkan isi teks dari teks cerita dengan makna sila Pancasila.
|
|
|
3.
|
Siswa mampu memberikan contoh bagaimana cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
4.
|
Siswa mampu menuliskan pemanfaatan sumber daya alam hayati dengan tepat.
|
|
|
5.
|
Siswa mampu menuliskan pemanfaatan sumber daya alam nonhayati dengan tepat.
|
|
|
6.
|
Siswa mampu menuliskan 5 contoh jenis pekerjaan yang berhubungan dengan lingkungan.
|
|
|
7.
|
Siswa mampu menyebutkan 5 tempat dari jenis pekerjaan yang berhubungan dengan lingkungan.
|
|
|
Tasikmalaya, 13 Februari 2017
Guru Pamong Praktikan
.............................. Rizki Siddiq Nugraha
NIP NIM 1301541
Mengetahui,
Kepala Sekolah
.............................
NIP
Demikianlah Artikel RPP Tematik SD Kelas 4 Semester 2 Tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku Pembelajaran 1
Sekianlah artikel RPP Tematik SD Kelas 4 Semester 2 Tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku Pembelajaran 1 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel RPP Tematik SD Kelas 4 Semester 2 Tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku Pembelajaran 1 dengan alamat link https://gurupintarmengajar.blogspot.com/2017/02/rpp-tematik-sd-kelas-4-semester-2-tema_13.html
0 Response to "RPP Tematik SD Kelas 4 Semester 2 Tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku Pembelajaran 1"
Post a Comment