Loading...
Judul : RPP Tematik SD Kelas 1 Semester 1 Tema Kegemaranku Subtema Gemar Menggambar Pembelajaran 3
link : RPP Tematik SD Kelas 1 Semester 1 Tema Kegemaranku Subtema Gemar Menggambar Pembelajaran 3
RPP Tematik SD Kelas 1 Semester 1 Tema Kegemaranku Subtema Gemar Menggambar Pembelajaran 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : I / 1 (Satu)
Tema : 2. Kegemaranku
Subtema : 3. Gemar Menggambar
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.
|
1. Siswa dapat menunjukkan bangun ruang yang berbentuk balok, kubus, bola, dan tabung.
2. Siswa dapat membedakan ciri-ciri bangun ruang pada bentuk balok, kubus, bola, dan tabung.
|
4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagaibenda konkret.
|
1. Siswa dapat mengidentifikasi bangun ruang yang memiliki bentuk balok, kubus, bola, dan tabung.
2. Siswa dapat mengelompokkan bangun ruang yang memiliki bentuk sama.
|
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.
|
1. Siswa dapat menunjukkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, jarak antara mata dan buku).
|
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan, dengan gerakan menulis di udara/pasir/meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.
|
1. Siswa dapat melakukan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, jarak antara mata dan buku, dengan menggambar).
|
PPKn
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Mengidentifikasi keragaman karakteristik individu di rumah.
|
1. Siswa dapat menuliskan makanan kesukaan setiap individu di rumah.
|
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
|
1. Siswa dapat menceritakan makanan kesukaan setiap individu di rumah.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan mendengarkan teks cerita tentang “Makanan Kesukaan Keluarga Edo” siswa dapat mengenal keberagaman karakteristik setiap anggota keluarga Edo dengan rinci.
2. Setelah mendengarkan teks cerita tentang “Makanan Kesukaan Keluarga Edo” siswa dapat menuliskan makanan kesukaan setiap anggota keluarga masing-masing dengan baik.
3. Dengan menuliskan makanan kesukaan setiap anggota keluarga siswa dapat menceritakan hasilnya dengan jelas.
4. Melalui kegiatan mencermati bentuk benda yang berhubungan dengan makanan siswa dapat menunjukkan bangun ruang balok, kubus, bola, dan tabung dengan benar.
5. Melalui pengamatan media bangun ruang siswa dapat membedakan ciri-ciri bangun ruang balok, kubus, bola, dan tabung dengan benar.
6. Melalui observasi ruang kelas siswa dapat mengidentifikasi benda yang berbentuk balok/kubus/bola/tabung dengan benar.
7. Melalui diskusi siswa dapat mengelompokkan benda yang berbentuk balok, kubus, bola, dan tabung dengan benar.
8. Melalui tanya jawab siswa dapat menunjukkan kegiatan menulis permulaan dengan benar.
9. Melalui kegiatan menggambar benda berbentuk bangun ruang siswa dapat melakukan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, jarak antara mata dan buku) dengan tepat.
D. Materi Pembelajaran
1. Bangun Ruang (Balok, Kubus, Bola, dan Tabung)
Benda yang memiliki bentuk bangun ruang sering kita temukan di lingkungan sekitar. Misalnya bangun ruang berbentuk balok, kubus, bola, dan tabung. Ciri-ciri bentuk bangun ruang tersebut di antaranya:
a. Bentuk Balok
Gambar tersebut dinamakan bangun balok. Ciri-ciri bangun balok adalah (1) Balok memiliki sisi yang ukuran dan bentuk sama; (2) Sisi tersebut adalah sisi atas dan sisi bawah; (3) Sisi samping kiri dan kanan; (4) Serta sisi muka dan belakang.
b. Bentuk Kubus
Bangun tersebut dinamakan kubus. Ciri-ciri bangun kubus adalah (1) mempunyai enam sisi; (2) Bentuk dan ukuran sisinya sama.
c. Bentuk Bola
Bangun tersebut dinamakan bola. Bentuk bola hanya memiliki satu buah bidang sisi.
d. Bentuk Tabung
Bangun tersebut dinamakan tabung. Ciri-ciri bangun tabung adalah (1) tabung mempunyai tutup dan alas yang berbentuk lingkaran; (2) Tutup dan alas mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
2. Kegiatan persiapan menulis permulaan
Cara duduk yang benar, yaitu:
a. Duduk menghadap meja belajar.
b. Kedua tangan diletakkan di atas meja.
c. Posisi kursi dirapatkan dengan meja belajar.
d. Dada dibusungkan ke depan sehingga punggung berada pada posisi lurus.
Cara memegang pensil, yaitu:
a. Menjepit atau meletakan pensil di atas jari tengah.
b. Pensil di jepit dengan ibu jari.
c. Jari telunjuk dipegang dengan lemas.
Cara mengatur jarak antara mata dan buku, yaitu:
a. Jarak antara mata dan buku minimum 30 cm atau lebih.
3. Keragaman karakteristik individu di rumah
Teks cerita “makanan kesukaan keluarga edo”.
edo tinggal bersama keluarga
ada ayah
ada ibu
ada kakak
ada adik
keluarga edo sering makan bersama
mereka punya makanan kesukaan masing-masing
edo suka makan ayam goreng
ayah suka makan ikan
ibu suka makan bakso
kakak suka makan coklat
adik suka makan kue
E. Metode Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran :Pengamatan, pemberian tugas, diskusi, penemuan, tanya jawab, ceramah.
2. Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
F. Media Pembelajaran
1. Bentuk bangun ruang (balok, kubus, bola, dan tabung)
G. Sumber Belajar
1. Buku Guru SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Tema 2 Kegemaranku (Hlm. 93-98) Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Buku Siswa SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Tema 2 kegemaranku (Hlm. 119-128) Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Lingkungan sekitar siswa
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
||
Pendahuluan
|
Dalam kegiatan pendahuluan:
1. Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa.
2. Guru mengkondisikan siswa siap untuk mengikuti pembelajaran.
3. Guru memimpin do’a sebelum mulai pembelajaran.
4. Guru mengecek kehadiran siswa.
5. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan tanya jawab mengenai makanan kesukaan siswa. Misalnya:
“Anak-anak sudah makan pagi? Apa makanan kesukaanmu? Mari kita sebutkan makanan kesukaan masing-masing!”
6. Siswa menjawab pertanyaan dari guru.
7. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan guru menyampaikan tema yaitu tentang “Kegemaranku” dengan subtema “Gemar menggambar” menggunakan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami serta menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas.
8. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran.
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
||
Inti
|
1. Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru tentang “Makanan Kesukaan Keluarga Edo”.
2. Siswa menuliskan makanan kesukaan keluarga masing-masing.
3. Siswa menceritakan makanan kesukaan keluarga masing-masing.
4. Guru mengajak siswa mencermati bentuk benda yang berhubungan dengan makanan.
5. Guru memperlihatkan media berbagai macam bangun ruang (balok, kubus, bola, dan tabung) yang akan membantu siswa membedakan ciri-ciri bangun ruang.
6. Siswa mengamati benda yang terdapat di ruang kelas.
7. Siswa mengidentifikasi benda yang berbentuk bangun ruang.
8. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 4-5 orang.
9. Siswa bersama kelompoknya mengelompokkan benda berdasarkan ciri-ciri bangun ruang.
10. Siswa diperintah untuk menggambar satu benda berbentuk bangun ruang.
11. Sebelum menggambar siswa diajak untuk memperhatikan kegiatan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, jarak antara mata dan buku dengan benar).
|
45 menit
|
Kegiatan Penutup
|
||
|
1. Guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan.
2. Guru dan siswa menyimpulkan kegiatan hari ini.
3. Siswa diberikan tindak lanjut untuk mencari benda berbentuk bangun ruang di rumah dan menuliskan dalam buku catatannya.
4. Siswa mendengarkan pesan dari guru bahwa menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan. Semua benda yang ditemukannya dapat digambar.
5. Siswa diinstruksikan untuk mengondisikan diri merapikan tempat duduk.
6. Siswa bersama guru berdo’a untuk menutup pembelajaran.
|
10 menit
|
I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
Melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dari awal sampai akhir pembelajaran.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja
2) Penilaian Sikap
b. Penilaian Hasil Belajar (Pengetahuan)
Pilihan ganda
Tasikmalaya, Oktober 2017
|
Penyusun,
Siti Putri Indriani
NIM 1404941
|
Lampiran
A. Penilaian Kinerja
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Pendamping
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
1. Menggelompokkan benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruang.
|
Sesuai dengan
empat bentuk
bangun ruang
(bola, tabung,
balok, kubus).
|
Hanya
memenuhi 3 bentuk bangun
ruang.
|
Hanya
memenuhi 2 bentuk bangun
ruang.
|
Hanya
memenuhi 1
bentuk bangun
ruang.
|
2. Menceritakan makanan kesukaan setiap individu di rumah.
|
Kalimat yang
diucapkan lancar, intonasinya tepat, alur pembicaraan
runut, percaya diri.
|
Hanya
memenuhi 3 kriteria.
|
Hanya
memenuhi 2 kriteria
|
Hanya
memenuhi 1
kriteria.
|
3. Melakukan posisi duduk, cara memegang pensil, jarak antara mata dan buku.
|
Melakukan semua kegiatan menulis permulaan dengan tepat.
|
Hanya melakukan 1-3 kegiatan menulis permulaan dengan tepat.
|
Hanya melakukan 1-3 kegiatan menulis permulaan dengan kurang tepat.
|
Melakukan kegiatan menulis permulaan dibantu temannya atau gurunya.
|
B. Penilaian Sikap :
No
|
Sikap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Kerapihan
|
|
|
|
|
2
|
Disiplin
|
|
|
|
|
3
|
Percaya diri
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 : Belum terlihat
2 : Mulai terlihat
3 : Mulai berkembang
4 : Sudah membudaya
C. Pilihan ganda
1. Perhatikan gambar di bawah!
2. Gambar di bawah merupakan bentuk bangun ruang ...
3. Baca cerita Sarah di bawah ini!
Sarah sedang makan malam bersama keluarga di rumah nenek.
Ayah Sarah senang karena nenek memasak ikan lele.
Kakak Sarah juga ikut senang.
Ibu Sarah ikut membantu nenek memasak ikan lele.
Dari cerita Sarah, siapakan keluarga Sarah yang senang makan ikan lele?
- Kakak
- Ibu
- Ayah
Loading...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : I / 1 (Satu)
Tema : 2. Kegemaranku
Subtema : 3. Gemar Menggambar
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.
|
1. Siswa dapat menunjukkan bangun ruang yang berbentuk balok, kubus, bola, dan tabung.
2. Siswa dapat membedakan ciri-ciri bangun ruang pada bentuk balok, kubus, bola, dan tabung.
|
4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagaibenda konkret.
|
1. Siswa dapat mengidentifikasi bangun ruang yang memiliki bentuk balok, kubus, bola, dan tabung.
2. Siswa dapat mengelompokkan bangun ruang yang memiliki bentuk sama.
|
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.
|
1. Siswa dapat menunjukkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, jarak antara mata dan buku).
|
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan, dengan gerakan menulis di udara/pasir/meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.
|
1. Siswa dapat melakukan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, jarak antara mata dan buku, dengan menggambar).
|
PPKn
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Mengidentifikasi keragaman karakteristik individu di rumah.
|
1. Siswa dapat menuliskan makanan kesukaan setiap individu di rumah.
|
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.
|
1. Siswa dapat menceritakan makanan kesukaan setiap individu di rumah.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan mendengarkan teks cerita tentang “Makanan Kesukaan Keluarga Edo” siswa dapat mengenal keberagaman karakteristik setiap anggota keluarga Edo dengan rinci.
2. Setelah mendengarkan teks cerita tentang “Makanan Kesukaan Keluarga Edo” siswa dapat menuliskan makanan kesukaan setiap anggota keluarga masing-masing dengan baik.
3. Dengan menuliskan makanan kesukaan setiap anggota keluarga siswa dapat menceritakan hasilnya dengan jelas.
4. Melalui kegiatan mencermati bentuk benda yang berhubungan dengan makanan siswa dapat menunjukkan bangun ruang balok, kubus, bola, dan tabung dengan benar.
5. Melalui pengamatan media bangun ruang siswa dapat membedakan ciri-ciri bangun ruang balok, kubus, bola, dan tabung dengan benar.
6. Melalui observasi ruang kelas siswa dapat mengidentifikasi benda yang berbentuk balok/kubus/bola/tabung dengan benar.
7. Melalui diskusi siswa dapat mengelompokkan benda yang berbentuk balok, kubus, bola, dan tabung dengan benar.
8. Melalui tanya jawab siswa dapat menunjukkan kegiatan menulis permulaan dengan benar.
9. Melalui kegiatan menggambar benda berbentuk bangun ruang siswa dapat melakukan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, jarak antara mata dan buku) dengan tepat.
D. Materi Pembelajaran
1. Bangun Ruang (Balok, Kubus, Bola, dan Tabung)
Benda yang memiliki bentuk bangun ruang sering kita temukan di lingkungan sekitar. Misalnya bangun ruang berbentuk balok, kubus, bola, dan tabung. Ciri-ciri bentuk bangun ruang tersebut di antaranya:
a. Bentuk Balok
Gambar tersebut dinamakan bangun balok. Ciri-ciri bangun balok adalah (1) Balok memiliki sisi yang ukuran dan bentuk sama; (2) Sisi tersebut adalah sisi atas dan sisi bawah; (3) Sisi samping kiri dan kanan; (4) Serta sisi muka dan belakang.
b. Bentuk Kubus
Bangun tersebut dinamakan kubus. Ciri-ciri bangun kubus adalah (1) mempunyai enam sisi; (2) Bentuk dan ukuran sisinya sama.
c. Bentuk Bola
Bangun tersebut dinamakan bola. Bentuk bola hanya memiliki satu buah bidang sisi.
d. Bentuk Tabung
Bangun tersebut dinamakan tabung. Ciri-ciri bangun tabung adalah (1) tabung mempunyai tutup dan alas yang berbentuk lingkaran; (2) Tutup dan alas mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
2. Kegiatan persiapan menulis permulaan
Cara duduk yang benar, yaitu:
a. Duduk menghadap meja belajar.
b. Kedua tangan diletakkan di atas meja.
c. Posisi kursi dirapatkan dengan meja belajar.
d. Dada dibusungkan ke depan sehingga punggung berada pada posisi lurus.
Cara memegang pensil, yaitu:
a. Menjepit atau meletakan pensil di atas jari tengah.
b. Pensil di jepit dengan ibu jari.
c. Jari telunjuk dipegang dengan lemas.
Cara mengatur jarak antara mata dan buku, yaitu:
a. Jarak antara mata dan buku minimum 30 cm atau lebih.
3. Keragaman karakteristik individu di rumah
Teks cerita “makanan kesukaan keluarga edo”.
edo tinggal bersama keluarga
ada ayah
ada ibu
ada kakak
ada adik
keluarga edo sering makan bersama
mereka punya makanan kesukaan masing-masing
edo suka makan ayam goreng
ayah suka makan ikan
ibu suka makan bakso
kakak suka makan coklat
adik suka makan kue
E. Metode Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran :Pengamatan, pemberian tugas, diskusi, penemuan, tanya jawab, ceramah.
2. Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
F. Media Pembelajaran
1. Bentuk bangun ruang (balok, kubus, bola, dan tabung)
G. Sumber Belajar
1. Buku Guru SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Tema 2 Kegemaranku (Hlm. 93-98) Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Buku Siswa SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Tema 2 kegemaranku (Hlm. 119-128) Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Lingkungan sekitar siswa
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
||
Pendahuluan
|
Dalam kegiatan pendahuluan:
1. Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa.
2. Guru mengkondisikan siswa siap untuk mengikuti pembelajaran.
3. Guru memimpin do’a sebelum mulai pembelajaran.
4. Guru mengecek kehadiran siswa.
5. Guru melakukan apersepsi dengan melakukan tanya jawab mengenai makanan kesukaan siswa. Misalnya:
“Anak-anak sudah makan pagi? Apa makanan kesukaanmu? Mari kita sebutkan makanan kesukaan masing-masing!”
6. Siswa menjawab pertanyaan dari guru.
7. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan guru menyampaikan tema yaitu tentang “Kegemaranku” dengan subtema “Gemar menggambar” menggunakan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami serta menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas.
8. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran.
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
||
Inti
|
1. Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru tentang “Makanan Kesukaan Keluarga Edo”.
2. Siswa menuliskan makanan kesukaan keluarga masing-masing.
3. Siswa menceritakan makanan kesukaan keluarga masing-masing.
4. Guru mengajak siswa mencermati bentuk benda yang berhubungan dengan makanan.
5. Guru memperlihatkan media berbagai macam bangun ruang (balok, kubus, bola, dan tabung) yang akan membantu siswa membedakan ciri-ciri bangun ruang.
6. Siswa mengamati benda yang terdapat di ruang kelas.
7. Siswa mengidentifikasi benda yang berbentuk bangun ruang.
8. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 4-5 orang.
9. Siswa bersama kelompoknya mengelompokkan benda berdasarkan ciri-ciri bangun ruang.
10. Siswa diperintah untuk menggambar satu benda berbentuk bangun ruang.
11. Sebelum menggambar siswa diajak untuk memperhatikan kegiatan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, jarak antara mata dan buku dengan benar).
|
45 menit
|
Kegiatan Penutup
|
||
|
1. Guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan.
2. Guru dan siswa menyimpulkan kegiatan hari ini.
3. Siswa diberikan tindak lanjut untuk mencari benda berbentuk bangun ruang di rumah dan menuliskan dalam buku catatannya.
4. Siswa mendengarkan pesan dari guru bahwa menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan. Semua benda yang ditemukannya dapat digambar.
5. Siswa diinstruksikan untuk mengondisikan diri merapikan tempat duduk.
6. Siswa bersama guru berdo’a untuk menutup pembelajaran.
|
10 menit
|
I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
Melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dari awal sampai akhir pembelajaran.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja
2) Penilaian Sikap
b. Penilaian Hasil Belajar (Pengetahuan)
Pilihan ganda
Tasikmalaya, Oktober 2017
|
Penyusun,
Siti Putri Indriani
NIM 1404941
|
Lampiran
A. Penilaian Kinerja
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Pendamping
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
1. Menggelompokkan benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruang.
|
Sesuai dengan
empat bentuk
bangun ruang
(bola, tabung,
balok, kubus).
|
Hanya
memenuhi 3 bentuk bangun
ruang.
|
Hanya
memenuhi 2 bentuk bangun
ruang.
|
Hanya
memenuhi 1
bentuk bangun
ruang.
|
2. Menceritakan makanan kesukaan setiap individu di rumah.
|
Kalimat yang
diucapkan lancar, intonasinya tepat, alur pembicaraan
runut, percaya diri.
|
Hanya
memenuhi 3 kriteria.
|
Hanya
memenuhi 2 kriteria
|
Hanya
memenuhi 1
kriteria.
|
3. Melakukan posisi duduk, cara memegang pensil, jarak antara mata dan buku.
|
Melakukan semua kegiatan menulis permulaan dengan tepat.
|
Hanya melakukan 1-3 kegiatan menulis permulaan dengan tepat.
|
Hanya melakukan 1-3 kegiatan menulis permulaan dengan kurang tepat.
|
Melakukan kegiatan menulis permulaan dibantu temannya atau gurunya.
|
B. Penilaian Sikap :
No
|
Sikap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Kerapihan
|
|
|
|
|
2
|
Disiplin
|
|
|
|
|
3
|
Percaya diri
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 : Belum terlihat
2 : Mulai terlihat
3 : Mulai berkembang
4 : Sudah membudaya
C. Pilihan ganda
1. Perhatikan gambar di bawah!
2. Gambar di bawah merupakan bentuk bangun ruang ...
3. Baca cerita Sarah di bawah ini!
Sarah sedang makan malam bersama keluarga di rumah nenek.
Ayah Sarah senang karena nenek memasak ikan lele.
Kakak Sarah juga ikut senang.
Ibu Sarah ikut membantu nenek memasak ikan lele.
Dari cerita Sarah, siapakan keluarga Sarah yang senang makan ikan lele?
- Kakak
- Ibu
- Ayah
Demikianlah Artikel RPP Tematik SD Kelas 1 Semester 1 Tema Kegemaranku Subtema Gemar Menggambar Pembelajaran 3
Sekianlah artikel RPP Tematik SD Kelas 1 Semester 1 Tema Kegemaranku Subtema Gemar Menggambar Pembelajaran 3 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel RPP Tematik SD Kelas 1 Semester 1 Tema Kegemaranku Subtema Gemar Menggambar Pembelajaran 3 dengan alamat link https://gurupintarmengajar.blogspot.com/2018/03/rpp-tematik-sd-kelas-1-semester-1-tema.html
0 Response to "RPP Tematik SD Kelas 1 Semester 1 Tema Kegemaranku Subtema Gemar Menggambar Pembelajaran 3"
Post a Comment