Loading...

Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018

Loading...
Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018 - Hallo sahabat Guru pintar, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel GURU, Artikel GURU MAPEL, Artikel IPTEK, Artikel RUANG GURU, Artikel SERTIFIKASI, Artikel TUGAS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018
link : Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018

Baca juga


Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018

Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018 - Modul Pelatihan Guru Kurikulum 2013. Modul ini terdiri atas 4 (empat) seri, modul yang disusun sedemikian rupa ini sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 sesuai dengan konsep dan pelaksanaannya. Masing-masing modul terdiri atas uraian singkat materi, fokus modul, penugasan, dan refleksi.

Modul-modul tersebut adalah;

  1.     Modul 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian
  2.     Modul 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  3.     Modul 3: Praktik Pembelajaran dan Penilaian
  4.     Modul 4: Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar
Kurikulum 2013 mengalami beberapa perkembangan dan perbaikan sejak digulirkannya pada tahun 2013. Perbaikan kurikulum tersebut berlandaskan pada kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidian dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Pelaksanaan perbaikannya juga atas dasar masukan dari berbagai lapisan publik (masyarakat sipil, asosiasi profesi, perguruan tinggi dan dunia pendidikan) terhadap ide, dokumen, dan implementasi kurikulum yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi dari berbagai media.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi  serta masukan publik tersebut, terdapat beberapa masukan umum, antara lain adanya pemahaman yang kurang tepat oleh masyarakat yang diakibatkan oleh format penyajian dan nomenklatur dalam Kurikulum 2013: (1)  Kompetensi Dasar (KD)  pada Kompetensi Inti 1 (KI-1) dan KD pada KI-2 yang dianggap kurang logis dikaitkan dengan karakteristik mata pelajaran; (2) terindikasi adanya inkonsistensi antara KD dalam silabus dan buku teks (baik lingkup materi maupun urutannya); (3)  belum ada pernyataan eksplisit dalam dokumen kurikulum tentang perlunya peserta didik lebih melek teknologi; (4) format penilaian dianggap terlalu rumit dan perlu penyederhanaan; (5) penegasan kembali pengertian pembelajaran saintifik yang bukan satu-satunya pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas; (6) penyelerasan dan perbaikan teknis buku teks pelajaran agar mudah dipelajari oleh peserta didik.
Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018

Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018





Secara umum, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan agar selaras antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Secara khusus, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan menyelaraskan SKL, KI-KD, , pembelajaran, penilaian, dan buku teks.

Perbaikan tersebut pada tahun 2017 disesuaikan dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan melibatkan dan kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai gerakan nasional revolusi mental (Pasal 1 ayat [1]).

PPK mengedepankan lima nilai utama karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. Penguatan lima nilai karakter tersebut akan dapat mendorong peserta didik untuk memiliki keterampilan Abad 21 yang dibutuhkan dalam meniti kehidupan, seperti  keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), keterampilan berkolaborasi (collaboration skills), keterampilan berkreasi (creativities skills), dan keterampilan berkomunikasi (communication skills).

Perbaikan tersebut di atas dilaksanakan berdasarkan prinsip perbaikan kurikulum sebagai berikut:

    Keselarasan (Alignment) - Antara dokumen SKL, KI-KD, , Buku Peks Pelajaran, Pembelajaran, dan Penilaian Hasil Belajar harus selaras dari aspek kompetensi , lingkup materi, nilai-nilai karakter, serta keterampilan Abad 21.
    Mudah Dipelajari (Learnable) - Lingkup Kompetensi dan Materi yang dirumuskan dalam KD mudah dipelajari oleh peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan aspek pedagogis.
    Mudah Diajarkan (Teachable) - Lingkup Kompetensi dan Materi yang dirumuskan pada KD mudah diajarkan oleh guru sesuai dengan gaya belajar peserta didik, karakteristik mata pelajaran, karakteristik kompetensi, dan sumber belajar yang ada di lingkungan, sehingga dapat menguatkan karakter dan meningkatkan keterampilan Abad 21 pada peserta didik.
    Terukur (Measurable) - Kompetensi dan materi yang diajarkan terukur melalui indikator yang mudah dirumuskan dan layak dilaksanakan.
    Bermakna untuk Dipelajari (Worth to be learnt) - Kompetensi dan materi yang diajarkan mempunyai kebermaknaan bagi peserta didik sebagai bekal kehidupan. Memperhatikan perkembangan perbaikan Kurikulum di atas, maka diperlukan beberapa contoh praktis yang dibutuhkan guru untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan tepat yang berkaitan dengan pembelajaran dan penilaian, serta unsur penunjang lainnya,  Untuk membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 tersebut, maka Direktorat Pembinaan SMA menyusun Modul Bimtek Guru yang berisi petunjuk atau panduan, contoh praktis untuk setiap mata pelajaran serta uraian tugas yang harus dikerjakan oleh peserta pelatihan. Modul tersebut disusun dalam 4 (empat) seri modul yang saling terkait dengan harapan dapat membantu Anda  dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.

Untuk Mendownload Modul K13 SMA Tahun 2018 Silahkan menuju link dibawah ini : 


No Modul Implementasi K13 Link
1 Modul PJOK Download
2 Modul Seni dan Budaya Download
3 Modul Prakarya dan Kewirausahaan Download
4 Modul Bahasa dan Sastra Jepang Download
5 Modul Bahasa Indonesia Download
6 Modul Bahasa dan Sastra Jerman Download
7 Modul Matematika Download
8 Modul Bahasa Inggris Download
9 Modul Biologi Download
10 Modul Geografi Download
11 Modul Sejarah Indonesia Download
12 Modul Sosiologi Download
13 Modul PPKn Download
14 Modul Pendidikan Agama Islam Download
15 Modul Kimia Download
16 Modul Ekonomi Download
17 Modul Fisika Download

Demikianlah informasi kali ini mengenai Download Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018 semoga bermanfaa.
Loading...
Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018 - Modul Pelatihan Guru Kurikulum 2013. Modul ini terdiri atas 4 (empat) seri, modul yang disusun sedemikian rupa ini sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 sesuai dengan konsep dan pelaksanaannya. Masing-masing modul terdiri atas uraian singkat materi, fokus modul, penugasan, dan refleksi.

Modul-modul tersebut adalah;

  1.     Modul 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian
  2.     Modul 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  3.     Modul 3: Praktik Pembelajaran dan Penilaian
  4.     Modul 4: Praktik Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar
Kurikulum 2013 mengalami beberapa perkembangan dan perbaikan sejak digulirkannya pada tahun 2013. Perbaikan kurikulum tersebut berlandaskan pada kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidian dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Pelaksanaan perbaikannya juga atas dasar masukan dari berbagai lapisan publik (masyarakat sipil, asosiasi profesi, perguruan tinggi dan dunia pendidikan) terhadap ide, dokumen, dan implementasi kurikulum yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi dari berbagai media.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi  serta masukan publik tersebut, terdapat beberapa masukan umum, antara lain adanya pemahaman yang kurang tepat oleh masyarakat yang diakibatkan oleh format penyajian dan nomenklatur dalam Kurikulum 2013: (1)  Kompetensi Dasar (KD)  pada Kompetensi Inti 1 (KI-1) dan KD pada KI-2 yang dianggap kurang logis dikaitkan dengan karakteristik mata pelajaran; (2) terindikasi adanya inkonsistensi antara KD dalam silabus dan buku teks (baik lingkup materi maupun urutannya); (3)  belum ada pernyataan eksplisit dalam dokumen kurikulum tentang perlunya peserta didik lebih melek teknologi; (4) format penilaian dianggap terlalu rumit dan perlu penyederhanaan; (5) penegasan kembali pengertian pembelajaran saintifik yang bukan satu-satunya pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas; (6) penyelerasan dan perbaikan teknis buku teks pelajaran agar mudah dipelajari oleh peserta didik.
Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018

Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018





Secara umum, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan agar selaras antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Secara khusus, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan menyelaraskan SKL, KI-KD, , pembelajaran, penilaian, dan buku teks.

Perbaikan tersebut pada tahun 2017 disesuaikan dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan melibatkan dan kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai gerakan nasional revolusi mental (Pasal 1 ayat [1]).

PPK mengedepankan lima nilai utama karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. Penguatan lima nilai karakter tersebut akan dapat mendorong peserta didik untuk memiliki keterampilan Abad 21 yang dibutuhkan dalam meniti kehidupan, seperti  keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), keterampilan berkolaborasi (collaboration skills), keterampilan berkreasi (creativities skills), dan keterampilan berkomunikasi (communication skills).

Perbaikan tersebut di atas dilaksanakan berdasarkan prinsip perbaikan kurikulum sebagai berikut:

    Keselarasan (Alignment) - Antara dokumen SKL, KI-KD, , Buku Peks Pelajaran, Pembelajaran, dan Penilaian Hasil Belajar harus selaras dari aspek kompetensi , lingkup materi, nilai-nilai karakter, serta keterampilan Abad 21.
    Mudah Dipelajari (Learnable) - Lingkup Kompetensi dan Materi yang dirumuskan dalam KD mudah dipelajari oleh peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan aspek pedagogis.
    Mudah Diajarkan (Teachable) - Lingkup Kompetensi dan Materi yang dirumuskan pada KD mudah diajarkan oleh guru sesuai dengan gaya belajar peserta didik, karakteristik mata pelajaran, karakteristik kompetensi, dan sumber belajar yang ada di lingkungan, sehingga dapat menguatkan karakter dan meningkatkan keterampilan Abad 21 pada peserta didik.
    Terukur (Measurable) - Kompetensi dan materi yang diajarkan terukur melalui indikator yang mudah dirumuskan dan layak dilaksanakan.
    Bermakna untuk Dipelajari (Worth to be learnt) - Kompetensi dan materi yang diajarkan mempunyai kebermaknaan bagi peserta didik sebagai bekal kehidupan. Memperhatikan perkembangan perbaikan Kurikulum di atas, maka diperlukan beberapa contoh praktis yang dibutuhkan guru untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan tepat yang berkaitan dengan pembelajaran dan penilaian, serta unsur penunjang lainnya,  Untuk membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 tersebut, maka Direktorat Pembinaan SMA menyusun Modul Bimtek Guru yang berisi petunjuk atau panduan, contoh praktis untuk setiap mata pelajaran serta uraian tugas yang harus dikerjakan oleh peserta pelatihan. Modul tersebut disusun dalam 4 (empat) seri modul yang saling terkait dengan harapan dapat membantu Anda  dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.

Untuk Mendownload Modul K13 SMA Tahun 2018 Silahkan menuju link dibawah ini : 


No Modul Implementasi K13 Link
1 Modul PJOK Download
2 Modul Seni dan Budaya Download
3 Modul Prakarya dan Kewirausahaan Download
4 Modul Bahasa dan Sastra Jepang Download
5 Modul Bahasa Indonesia Download
6 Modul Bahasa dan Sastra Jerman Download
7 Modul Matematika Download
8 Modul Bahasa Inggris Download
9 Modul Biologi Download
10 Modul Geografi Download
11 Modul Sejarah Indonesia Download
12 Modul Sosiologi Download
13 Modul PPKn Download
14 Modul Pendidikan Agama Islam Download
15 Modul Kimia Download
16 Modul Ekonomi Download
17 Modul Fisika Download

Demikianlah informasi kali ini mengenai Download Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018 semoga bermanfaa.


Demikianlah Artikel Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018

Sekianlah artikel Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018 dengan alamat link https://gurupintarmengajar.blogspot.com/2018/06/modul-diklat-kurikulum-2013-sma-tahun.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Modul Diklat Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018"

Post a Comment

Loading...